CONTOH JENIS - JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR PEMBERSIH AQUARIUM

Beberapa jenis ikan ini dapat meringankan pekerjaan kita karena makanan mereka adalah lumut, sisa makanan dan kotoran ikan lain sehingga berguna sebagai pembersih aquarium, beberapa itu diantaranya adalah :

1) ikan CAE ( Chinese Algae Eater ).

_ikan CAE atau chinese alga eater disebut juga dengan lemon alga eater karena memiliki warna kuning seperti lemon. Ikan ini tegolong herbivora atau pemakan tumbuhan.
Di alam liar ikan ini biasa memakan lumut sehingga sangat efektif untuk membersihkan lumut dalam aquarium. Panjangnya bisa mencapai 28 cm. Jika sudah besar sebaiknya dipisahkan dengan ikan lain karena sering mengganggu ikan lainnya.

2) ikan SAE ( Siamese Algae Eater ).

_ikan SAE ini termasuk ikan pemakan alga sejati tidak memperdulikan tipe alga apapun, alga - alga pasti dimakan sampai bersih. 

3) ikan Oto ( Otocinclus Affinis ).

_ikan ini ukurannya kecil hanya sekitar 5 cm saja. Mampu membersihkan lumut dalam aquarium tapi sebaiknya dikasih jumlah yang banyak biar lebih cepat bersihnya.

4) ikan Corydoras.



_selain memakan lumut, ikan corydoras juga dapat membersihkan sisa - sisa makanan yang tidak habis dimakan ikan lain.

5) ikan Sapu - sapu.

_ikan sapu - sapu ini termasuk ikan yang kebal karena bisa bertahan dikondisi air seperti apapun. Tidak suka bergerak sehingga jarak keaktifannya cukup lama. Ikan ini menggunakan metode berlahan - lahan tapi pasti, ini ditunjukkan dengan kemampuannya yang membuat kaca dan batu - batuan menjadi bersih.

6) Keong tanduk.

_bentuk keong ini berbeda dengan keong biasa, cangkangnya ditumbuhi duri - duri kecil dan perpaduan warna yang juga cantik.
Keong ini mampu membersihkan lumut di dalam aquarium sampai bersih. Di Indonesis ada beberapa macam ikan corydoras diantaranya  corydoras panda, albino, sterbal dan pygmy.

7) Brushmounth

_ikan ini termasuk dalam jenis ikan pleco, nama latinya Hypostemus plecotomus, ikan ini sangat efektif membersihkan lumut di kaca dan batu - batuan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel