JENIS - JENIS KAYU YANG BIASA DIPAKAI UNTUK MENGHIAS AQUASCAPE

Aquarium belum lengkap rasanya kalau belum ada kayu di dalamnya, selain berguna menambah keindahan, kayu juga bisa sebagai media tumbuhnya tanaman air. Akan tetapi tidak semua jenis kayu bisa digunakan untuk aquascape, bagi para senior yang sudah lama berkecimpung di dunia ini pastinya sudah mengerti jenis - jenis kayu apa saja yang baik untuk aquascape. Secara umum, kayu terbagi menjadi dua motif, yaitu motif akar dan motif relief.
Untuk motif akar biasa dipakai untuk menempelkan berbagai macam moss sehingga akan kelihatan seperti pohon, sedangkan untuk motif relief biasa dipadukannya dengan batu - batuan sehingga akan nampak seperti reruntuhan relirf / artefak. Berikut ini kami rangkum beberapa informasi jenis kayu yang biasa dipakai aquascape.

1) kayu mopaniwood

_kayu mopaniwood adalah kayu yang berasal dari benua Afrika. Memiliki tekstur yang kuat dan tidak bercabang. Kayu ini hanya bisa didapatkan di supermarket ACE yang pastinya dengan harga yang mahal.

2) kayu santigi

_kayu santigi termasuk katagori kayu jenis bonsai, memiliki lekukan yang indah sehingga dapat memberikan kesan dramatik. Kayu ini dapat dipadukan dengan tanaman jenis fissiden fontanus sehingga akan menambah kesan alami.

3) kayu rasamala

_kayu rasamala adalah salah satu jenis kayu yang banyak digunakan aquascape karena selain murah, setelah kering kayu ini akan mengeluarkan tanin yang besar sehingga tidak menyebabkan perubahan warna dan tidak berbahaya bagi habitat lainnya.
Kayu rasamala berwarna kemerah - merahan dan memiliki banyak cabang.

4) kayu bakau / Diftwood



_kayu bakau memiliki kandungan tanin yang cukup banyak, disarankan sebelum digunakan agar diplah terlebih dulu agar tidak merubah warna air pada aquarium.
Kayu ini memiliki sdikit cabang dan ujung yang runcing berlawanan dengan kayu rasamala.

5) kayu Branchwood

_kayu Branchwood juga termasuk jenis kayu bakau hanya saja kayu ini memiliki tekstur banyak cabang dan ranting yang tidak beraturan.

6) kayu Hornwood

_kayu hornwood juga sama termasuk jenis kayu bakau, bentuknya kokoh dan lurus serta tidak memiliki banyak cabang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel