NAMA - NAMA IKAN HIAS AIR TAWAR YANG MUDAH UNTUK DIPELIHARA

Jenis ikan hias air tawar ada banyak sekali, dari yang paling kecil hingga yang paling besar. Cara merawatnyapun berbeda - beda ada yang mudah ada pula yang susah, begitu juga tingkat ketahanan tubuhnya, ada yang kebal ada pula yang gampang mati tanpa ada aerator di aquarium atau toples.
Karena sebab itu, kali ini kami mau berbagi daftar jenis - jenis ikan hias air tawar yang cantik dan mudah merawatnya sehingga sangat cocok bagi pemula.

1) ikan oscar

_ikan oscar termasuk ikan hias jenis  predator sehingga dalam pemeliharaanya jangan dicampur dengan ikan hias yang kecil  - kecil.
Ikan ini sudah sangat populer di toko ikan hias sehingga tidak begitu sulit untuk mencarinya, harganya cukup murah kisaran Rp 5000 - 15000.

2) ikan black shark / hiu hitam


_black artinya hitam, dan shark artinya hiu, jadi ikan jenis ini dinamakan ikan hitam seperti hiu.
Ikan ini suka bergerombol dan cenderung pemarah. Harga Rp 3000 - 6000 per ekor.

3) ikan komet

_ikan komet memiliki gerakan yang lincah dan daya tubuhnya sangat kuat. bentuknya cantik, unik dan bentuk ekornya menjadi pembeda dengan ijan hias lainnya. Harga ikan ini tergolong murah, Rp 3000 - 5000 per ekor.

4) ikan mas koki

_awal mula penyebaran ikan ini hanya berasal dari cina, akan tetapi kemudian diternakkan oleh masyarakat jepang dan dikembangkan menjadi beberapa variasi warna yang lebih menarik.

5) ikan neon

_ikan neon memiliki nama latin paracheirodon innesi, memiliki sifat seperti neon, bisa menyala di malam hari. Ikan neon ada beberapa jenis diantaranya yang terkenal adalah neon tetra yang berasal dari Amerika latin, warnanya biru, terang dan putih perak. Ikan ini lebih indah dipelihara dalam jumlah banyak.

6) ikan mickey mouse

_ikan mickey mouse ini termasuk golongan ikan platty, warnanya mencolok dan bentuknya gendut mungil menjadi daya tarik tersendiri bagi para penghobi ikan hias. Karakter ikan ini memiliki gerakan yang tenang dan tidak agresif, jadi jangan dicampur dengan ikan predator biar tidak jadi santapanya. Harga ikan ini terbilang murah.

7) ikan black ghost

_ikan black ghost atau black phantom yang memiliki nama latin Apterontus albifrons ini berasal dari sungai Amazon dan Surinam. Pergerakannya lentur dan suka maju mundur, cara merawatnya pun mudah, cukup memberi pelet pada pagi dan sore hari.

8) ikan guppy

_ikan gupy memiliki nama latin poecilia reticulate bisa ditemui di daerah Trinidad, Barnados, Guyana, Brasil dan beberapa negara di Asia tenggara sepert Indonesia. Kelebihan ikan ini adalah bentuknya yang mungil dan siripnya yang indah dengan berbagai warna yang menarik. Harga ikan ini berfariasi ada yang murah dan ada juga yang mahal.

9) ikan sapu - sapu

_ikan sapu - sapu adalah ikan pembersih aquarium. Dinamakan sapu - sapu karena kerjanya membersihkan alias menyapu. Secara alami ikan ini tinggal di sungai dan rawa - rawa akan tetapi banyak juga toko ikan hias yang menjualnya karena jenisnya yang beragam dan juga fungsinya yang sebagai pembersih. Harga ikan ini beragam tergantung jenisnya, untuk yang paling murah adalah ikan sapu - sapu hitam sekitar Rp 3000 - 5000 per ekor.

10) ikan cupang

_ikan cupang atau juga disebut betta sangat digemari masyarakat umum karena memiliki banyak kelebihan.
Kelebihan itu diantaranya adalah, mudah dipelihara bahkan di botol kecil sekalipun, bisa dijadikan aduan karena sifatnya yang ganas dan agresif, gerakannya pelan dan berwibawa sehingga nikmat dipandang dan yang terakhir adalah bentuk siripnya yang indah dan penuh warna. Harga ikan ini berfariasi tergantung tempat dan jenisnya.

11) ikan manfish

_ikan manfish ini memiliki warna dan bentuk yang cukup indah. Ciri - ciri tubuhnya mirip layang - layang sehingga sering disebut ikan layang - layang. Ikan ini cukup unik karena sirip perut dan punggung membentang seperti busur. Karakternya pendiam dan tidak agresif seperti ikan lainnya.

12) swordtail / ikan pedang

_ikan swordtail disebut juga ikan pedang karena memiliki ekor yang mirip pedang, dia sangat kuat dan mudah untuk dipelihara. Selain bentuknya yang unik, ikan ini juga tergolong murah hanya Rp 3000 per ekor ( tergantung tempat dan kondisi ).

13) ikan molly

_ikan molly sangat mudah dipelihara dan mudah didapat, hampir di setiap toko ikan hias pasti menjualnya. bentuknya kecil dan memiliki warna yang indah, selain itu ikan ini juga bisa dicampur dengan hias kecil lainnya, akan tetapi jangan dicampur dengan ikan jenis predator. Harga ikan ini sekitar Rp 5000 - 10.000 per ekor.

14) ikan flaying fox

_ikan flaying fox termasuk ikan hias yang mudah dipelihara, cara merawatnyapun tidak jauh beda dengan ikan pedang, komet dan ikan lainya. Warna yang dimiliki cukup cantik dan bervariasi.

15) ikan lemon

_dinamai ikan lemon karena ikan ini memiliki warna seperti buah lemon, untuk memelihara ikan ini sebaiknya jangan diberi makan terlalu banyak karena bisa memperkeruh air. Harga iksn lemon tidak terlalu mahal, Rp 5000 untuk yang kecil.
Ok, itulah tadi informasi tentang jenis - jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, semoga menambah wawasa bagi anda dan menjadi rujukan bagi yang ingin mbelinya.
Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel