UMPAN ALAMI DAN RACIKAN UNTUK MANCING IKAN GABUS YANG SUSAH STRIKE

Ikan gabus adalah ikan air tawar termasuk dalam jenis ikan predator, banyak dijumpai di sungai, rawa, danau dan juga parit. Untuk memancing ikan gabus ini agak gampang - gampang sulit juga, perlu memilih waktu dan tempat yang sesuai. Waktu untuk memancing ikan ini adalah malam hari di saat bulan tidak terlalu terang, untuk tempatnya, carilah spot yang banyak semak - semaknya karena ikan gabus suka berdiam di situ.
Selain memilih waktu dan tempat yang sesuai, perlu di ketahui juga dari segi umpan. Karena sifatnya yang predator, ikan gabus sangat suka dengan binatang / serangga kecil juga umpan yang berbau amis
Berikut kami bagikan informasi beberapa umpan alami dan racikan yang disukai ikan gabus berdasarkan pengalaman saya sendiri:
_Umpan ikan gabus alami:

1) Cacing tanah

Cacing tanah adalah termasuk umpan yang mudah didapat. Carilah di tempat yang tanahnya gembur dan agak basah, di pelepah pisang busuk atau daerah pembuangan kotoran binatang ternak. Para angler biasa menggunakan umpan ini karena cacing mempunyai tingkat keamisan yang tinggi sehingga sangat disukai ikan gabus.

2) Belalang atau jangkrik

Selain cacing tanah, ikan gabus juga menyukai belalang atau jangkrik. Jadi anda bisa menggunakan ini sebagai umpan. Untuk mendapatkan umpan ini biasa banyak dijual di toko pakan burung.
Cara mengaitkannya dengan cara memasukan mata kail ke bagian ekornya.

3) Kroto

Kroto atau telur semut juga bisa dijadikan umpan ikan gabus. Untuk mudah mengaitkanya campurlah dengan bahan lain seperti telur, bubur atau pelet ikan.

4) katak kecil

Untuk mencari umpan ini carilah di area persawahan atau kolam yang ada airnya. walaupun kelihatan menjijikan, anda perlu mencobanya karena umpan ini cukup disukai ikan gabus apalagi masih dalam keadaan hidup.

5) ikan wader

Selain tersebut di atas, anda juga bisa menggunakan ikan wader atau ikan kecil lainnya untuk memancing ikan gabus. Anda bisa mencarinya di kolam ikan, sungai atau parit - parit.

6) Gendon

Untuk mencari gendon ini agak susah sedikit, biasa ditemui di pohon kelapa atau pohon aren yang sudah busuk. Tapi bila anda menjumpainya, anda bisa menggunakan gendon ini sebagai umpan ikan gabus.

_Umpan ikan gabus racikan:
Bahan - bahan:
a) Air putih / susu putih
b) daging ikan / ayam yang dihaluskan
c) tepung udang
d) pelet
e) telur ayam / telur bebek.
f) kalau ada essence lebih bagus
Caranya:
Campurkan tepung udang, pelet, telur dan air/ susu hingga menjadi adonan yang padat, tambahkan daging ikan / daging ayam dan 5 tetes essence agar lebih padat dan mudah dikaitkan ke mata pancing.
Nah itulah tadi bebarapa umpan alami dan racikan untuk mancing ikan gabus semoga bermanfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel